2 Desember 2022
celengan pelajar

celengan pelajar

Kini semakin banyak pemuda Indonesia yang sadar akan investasi. Namun, jika sampai saat ini Anda belum berinvestasi, tidak perlu khawatir! Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi! Pasti Anda pun akan bertanya kira-kira apa saja investasi untuk pelajar? Mari kita bahas bersama.

Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu. Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Sedangkan menurut wikipedia, Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Jenis Investasi untuk Pelajar Terbaik

Jika Anda mencari investasi untuk pelajar yang tepat untuk pemula dijaman sekarang ini tentunya banyak sekali jenis investasi menguntungkan. Namun sebagai pemula, tentunya wajar jika Anda masih bingung untuk menentukan instrumen investasi untuk pelajar yang tepat. Berikut jenis investasi untuk pelajar yang tepat untuk pemula yang bisa Anda pilih.

  1. Deposito

Deposito adalah salah satu jenis atau instrumen investasi untuk pelajar yang paling sering dipilih masyarakat. Selain sistemnya mudah sama seperti menabung, program deposito juga dimiliki oleh semua bank.

Uang yang Anda simpan dalam tabungan deposito tersebut tentunya tidak dapat Anda tarik dengan semaunya. Penarikan dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan dari pihak bank dan dapat Anda sesuaikan dengan keinginan.

Biasanya jangka waktu deposito dimulai dari 3 bulan hingga satu tahun. Dengan menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu di deposito, Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari 5 hingga 8 persen per tahun.

Perlu diketahui pula, jika Anda mengambil uang dalam tabungan deposito sebelum jatuh tempo, Anda akan dikenakan denda. Investasi ini juga termasuk jenis investasi yang paling rendah risiko.

  1. Logam Mulia

Siapa sih yang tidak tahu emas? Investasi emas nampaknya sudah digeluti sejak zaman dulu. Bahkan, di zaman dulu emas bisa dikatakan sebagai lambang kekayaan loh. Emas sendiri merupakan salah satu logam mulia.

Logam mulia ini biasa digunakan untuk investasi jangka panjang dan cocok untuk pemula. Sistemnya pun sangat sederhana seperti menabung.

Karena emas merupakan investasi jangka panjang, Anda pun tidak boleh terburu-buru menjual disaat harga mulai turun dan berpikir Anda akan rugi besar.

Untuk memulai investasi emas, Anda dapat memulainya dengan satuan yang terkecil. Lalu, seiring berjalannya waktu, gunakanlah berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan lebih.

  1. Reksa Dana

Reksa Dana juga merupakan investasi untuk pelajar sebab adanya manajer investasi yang dapat membantu mengelola dana para investor. Jenis reksadana sendiri terdiri dari reksadana saham, reksadana obligasi, dan reksadana pasar uang.

Bila Anda sudah familiar dengan pembukaan rekening bank, mendaftar investasi reksadana pun sebenarnya mirip ketika membuka rekening di bank tertentu.

Nantinya Anda akan menemui istilah Unit Penyertaan (UP) dan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Cara menghitung keuntungan investasi reksadana sebenarnya cukup mudah.

  1. Saham

Investasi untuk pelajar selanjutnya adalah saham. Beberapa tahun terakhir ini, banyak investor pemula yang langsung terjun ke pasar saham, hal ini karena akses terhadap pasar saham kini semakin mudah.

Saat ini juga banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham. Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Sebagai investor pemula, Anda bisa memilih saham-saham blue chip. Karena saham ini umumnya memberikan tingkat resiko lebih terkendali dengan return yang bagus.

  1. P2P Lending

Selain reksadana, investasi p2p lending kini juga digandrungi oleh investor pemula. Seperti namanya p2p lending, Anda sebagai investor akan diminta untuk mendanai sebuah usaha. Platform p2p lending sendiri akan menghubungkan pihak pemberi pinjaman (investor) dengan para peminjam melalui platform online.

Dengan melakukan investasi untuk pelajar di p2p lending paling aman, Anda bisa sekaligus membantu pemodalan UMKM di Indonesia loh. Perlu diingat, pilihlah Peer-to-peer (P2P) Lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Salah satu platform p2p lending terbaik sebagai investasi untuk pelajar  adalah Amartha

Alasan Mengapa Amartha Tepat Sebagai Investasi untuk Pelajar

  1. Lender dapat mulai Hanya dengan Rp100 Ribu!

Di Amartha kamu dapat memulai pengembangan dana awalmu hanya dengan Rp100 ribu dan tentunya kamu akan mendapatkan bunga rata-rata 12% per tahun. Adanya kesempatan untuk memulai pengembangan dana hanya dengan Rp100 ribu ini, akan memudahkan para pemula mulai mencoba platform P2P Lending terbaik ini dan memperkecil risiko.

  1. Customer Service

Amartha juga memiliki tim Customer Service yang responsif dalam menanggapi berbagai macam pertanyaan serta memberikan informasi yang update dan akurat terkait Amartha sehingga para peminjam maupun pemberi pinjaman tetap mengetahui perkembangan proses transaksi yang dilakukan oleh mereka.

  1. Memiliki Izin Penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Amartha sudah mendapatkan izin penuh dari OJK per tanggal 13 Desember 2019 untuk beroperasi sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi sesuai dengan Surat Keputusan OJK Nomor: KEP-122/D.05/2019.

Status berizin dan diawasi oleh OJK yang diperoleh Amartha, membuktikan bahwa Amartha sebagai penyelenggara fintech P2P Lending telah memenuhi syarat operasional dari regulator dan semakin meningkatkan kredibilitas Amartha dalam mendorong pertumbuhan UKM yang bertujuan mewujudkan Inklusi Keuangan di Tanah Air.

Menariknya lagi, Amartha selain sudah berizin dan diawasi oleh OJK, Amartha pun sudah mendapatkan sertifikasi full scope ISO27001 sebagai bentuk komitmen Amartha untuk selalu menjaga keamanan data pengguna saat melakukan proses transaksi di Amartha.

  1. Membantu UKM Hingga Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Amartha yang memiliki komitmen untuk terus berakselerasi untuk memajukan bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Indonesia juga membuktikan bahwa salah satu UKM binaan Amartha yaitu PT Transkon Jaya Tbk (TRJA) secara resmi telah mencatatkan saham perdananya (IPO) di Bursa Efek Indonesia dan menjadi emiten ke-700 atau yang ke-36 di tahun 2020 lalu.

Amartha sendiri telah menyalurkan pembiayaan modal kerja kepada PT Transkon Jaya Tbk sejak Maret 2018 dan sekaligus menjadi perusahaan pertama dari luar Pulau Jawa yang mendapatkan pembiayaan modal dari Amartha.

Karena itu, Amartha terus berkomitmen untuk dapat membantu UKM-UKM Indonesia lain untuk “naik kelas” dan mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *