2 Februari 2023

Perangkat administrasi kelas dapat diartikan sebagai sebuah media yang menjadi pedoman pada sebuah kegiatan belajar mengajar. Tujuan adanya perangkat pembelajaran ini tidak lain untuk memenuhi keberhasilan guru agar sukses dalam mencapai puncak pembelajaran.

Perangkat administrasi kelas tidak hanya terdiri dari satu item saja, melainkan terdiri dari banyak komponen. Diantara yang termasuk dalam komponen tersebut ialah Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Silabus, RPP, Jurnal Agenda Guru, KKM, Daftar Hadir Siswa, hingga beberapa bagian lainnya yang memang sudah termasuk dalam rangkaian kegiatan belajar mengajar.

Dari beberapa perangkat mengajar tersebut, anda dapat membaca lebih lengkap pada uraian berikut ini.

Jenis perangkat administrasi kelas

Program Tahunan (Prota)

Perangkat administrasi kelas yang pertama ialah program tahunan yang biasa dikenal dengan istilah prota. Sebuah rencana yang berhubungan dengan penetapan alokasi waktu selama satu tahun pelajaran. Guru mengembangkan prota sesuai dengan program lainnya yang akan dibuat. Pada bagian prota berisi tentang alokasi waktu yang sesuai dengan standa kompetensi dan juga kompetensi dasar.

Program Semester (Promes)

Turunan dari program tahunan ialah program semester atau biasa disebut dengan promes. Tujuan menyusun sebuah program semester ini tentunya untuk menentukan jumlah jam yang dijabarkan dalam pelaksanaan berupa tanggal. Jangka waktu dari program semester ini secara lengkap ada dalam kolom.

Silabus

Bagian dari perangkat administrasi kelas selanjutnya ialah silabus. Merupakan perangkat pembelajaran yang wajib ada. Silabus yang terbaru memiliki 9 kolom yang berisi tentang muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, PPK, penilaian, alokasi waktu, dan yang terakhir adalah sumber belajar.

Silabus juga dapat anda artikan sebagai sebuah gambaran materi yang akan anda ajarkan. Baik berisi alur, strategi penilaian, berisi rangkuman materi dan juga berisikan tentang alokasi waktu yang anda butuhkan untuk mencapai materi tersebut.

RPP

Jenis perangkat administrasi selanjutnya yaitu berupa rencana proses pembelajaran atau sering terkenal dengan istilah RPP. Banyak sebenarnya versi RPP yang kini dapat anda buat. Namun yang jenis RPP yang kini banyak orang minati ialah RPP 1 lembar yang mencakup kegiatan literasi numerasi.

Para pendidik lebih memilih RPP 1 lembar karena memang lebih praktis dan juga lebih efisien. Penjabaran alur pembelajaran secara ringkas dapat anda desain sedemikian rupa hingga tercipta pembelajaran yang bermakna bagi anda dan peserta didik.

Jurnal Agenda Guru

Perangkat administrasi kelas selanjutnya yaitu berupa jurnal agenda guru. Berisi tentang cuplikan kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal agenda guru memang sengajar ditulis tangan agar guru lebih kreatif dan juga dapat mengembangakan pembelajaran sesuai dengan apa yang telah terjadi.

Jurnal agenda guru sebenarnya sangat simpel, dalam artian tidak perlu dijelaskan terlalu detail tentang kegiatan belajar yang sudah berlangsung. Jurnal agenda guru berisi kolom-kolom yang penting, yaitu : nomer, hari/tanggal, KI/KD, materi, kegiatan belajar mengajar, dan juga keterangan siswa. Kolom-kolom tersebut dapat anda cetak dalam bentuk kosongan, agar nantinya mempermudah dalam waktu pengisian.

KKM

Tentunya tidak asing lagi bagi seorang guru dengan yang namanya KKM. Merupakan singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimum, yang juga terkenal dengan istilah lain yaitu KBM (Ketuntasan Belajar Minimum). KKM ini dapat berisi batas minimum kelulusan sesuai dengan standar muatan pelajaran yang anda ampu.

Perlu anda ketahui, bahwa saat merumuskan KKM, sebaiknya anda memperhatikan 3 poin yang penting. Diantara 3 poin tersebut adalah latar belakang pendidik, kondisi siswa, dan juga keadaan sarana dan prasarana yang mendukung. Bagaimanapun juga 3 aspek yang mempengaruhi KKM tersebut tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Daftar Hadir Siswa

Perangkat administrasi kelas selanjutnya yaitu daftar hadir siswa. Kehadiran siswa atau biasa sering guru sebut sebagai absensi ini juga tidak kalah penting. Kehadiran siswa dapat anda prosentasekan sesuai dengan catatan yang ada pada daftar hadir yang anda miliki. Indeks kehadiran siswa ini juga mempengaruhi sikap disiplin yang sebaiknya mereka miliki.

Uraian mengenai perangkat administrasi kelas di atas dapat anda jadikan sebaga refrensi agar mampu memberikan kesan belajar yang menyenangkan. Simak berbagai perangkat administrasi lainnya hanya pada website www.rumahbelajarsmart.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page